Putra Terbaik Lombok Timur Jadi Kapolda NTB - newsmetrontb

Sunday, September 22, 2024

Putra Terbaik Lombok Timur Jadi Kapolda NTB




Newsmetrontb.com_ KOTA MATARAM  ( NTB ) 
 Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tengara Barat  Inspektur  Jendral polisi  Drs. Raden  Umar Faruq, S.H., M.Hum dimutasi sebagai Perwira Tinggi (Pati) Polda NTB dalam rangka pensiun ( purna tugasnya ) selanjutnya di gantikan oleh putra terbaik lombok NTB asal Selong  Lombok Timur  yakni  Inspektur Jendral  Polisi  Hadi Gunawan, S.H., S.I.K. 

Sebelumnya  ia menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri ,  pergantian tersebut tercantum dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/2098/IX/KEP./2024 yang dikeluarkan pada 20 September 2024.

Diketahui, Kapolda NTB Irjen Pol  Drs. Raden Umar Faroq telah berusia 58 tahun pada 10 September 2024.  dengan demikian  Irjen Pol Raden Umar Faroq telah capai batas usia maksimal Perwira Tinggi Polri dari kedinasan. ( 58 tahun ) 

Diketahui  berdasarkan  data kepolisian  Irjen pol  Drs.Raden Raden  Umar Faroq itu lulusan Akpol 1989. Umar Faroq  lebih senior dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. sedangkan  kapolri merupakan Akpol 1991.

Sementara itu Irjen Pol Hadi Gunawan adalah putra daerah NTB. Dia lahir di Selong, Kabupaten Lombok Timur, NTB pada 8 Desember 1967. Hadi merupakan putra daerah kedua yang memimpin Polda NTB setelah Irjen Pol Farouk Muhammad.

Beberapa waktu lalu, nama Hadi Gunawan sempat ramai digadang-gadang akan menduduki jabatan Penjabat (Pj) Gubernur NTB. Namun Mendagri akhirnya menunjuk Lalu Gita Ariadi yang belakangan diganti oleh Mayjen Purnawirawan TNI Hasanuddin.

Hadi Gunawan memiliki rekam jejak panjang di Kepolisian Indonesia , Sebagai lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991, Irjen Hadi dikenal berpengalaman dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Polri. Sebelum menjabat Kapolda NTB, ia menduduki posisi sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri.

Karier Irjen Hadi Gunawan dimulai dan cukup lama sejak penempatan pertama di Polda Jawa Timur dan beberpa tahun selanjutnya ia kemudian sempat berdinas di Polda NTB.
Selama di Polda NTB sejumlah jabatan pernah ia duduki diantaranya Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda NTB pada 2006 dan Kapolres Sumbawa Barat di tahun 2008 silam.

Selain itu, diketahui Hadi Gunawan juga aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan di NTB. Salah satunya sebagai anggota Dewan Pakar Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (PB NWDI).

Irjen Hadi Gunawan diketahui cukup berpengalaman di bidang SDM Polri. Ia pernah memegang sejumlah jabatan penting, seperti Kasubbagrenstra Bagren Rojianstra SSDM Polri (2011), Karo SDM Polda Banten (2014), dan Karo SDM Polda Lampung (2017)

Pada 2018, Hadi ditugaskan sebagai Analis Kebijakan Madya SSDM Polri, dan pada tahun 2021, ia meraih Pin Emas Kapolri atas prestasinya di bidang SDM.K

Keahliannya dalam manajemen SDM menjadi salah satu faktor utama yang mendorong promosi ke posisi Kapolda NTB , Salah satu inovasi besar Irjen Hadi Gunawan adalah menciptakan alat *Shuttle Run Counter " (SRC)  yang digunakan untuk mengukur kemampuan fisik calon anggota Polri secara lebih transparan dan adil.

Alat SRC tidak hanya digunakan dalam proses rekrutmen anggota Polri, tetapi juga untuk mengevaluasi kesehatan dan kekuatan personel Polri secara rutin dan Alat digital ini mempermudah penghitungan akselerasi dan kelincahan dalam tes kesehatan jasman  sehingga

 Atas inovasi  tersebut  Irjen Pol Hadi  Gunawan menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo pada peringatan HUT Bhayangkara ke-72 tahun 2018. ( red ) 


@lombokepo

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments